10 Fakta Unik Kayu Jati Yang Harus Kamu Tahu! Menarik dan Inspiratif.

Fakta Unik Kayu Jati

Bagi Anda pecinta kayu dan furniture pasti sangat kenal dan tidak merasa asing lagi dengan kayu Jati. Kayu ini memang sangat disukai dan dikagumi banyak pengrajin kayu karena tekstur dan seratnya yang indah dan ketahanannya yang tidak diragukan lagi. Olahan yang berbahan dasar kayu Jati pasti berkualitas prima dan bernilai tinggi.

Di Indonesia tidak lah sulit menemukan kayu Jati. Banyak daerah di Indonesia yang cocok ditanami Jati dan pengrajin kayu Jati pun mudah ditemui. Contohnya daerah Jepara di Jawa Tengah adalah Kotanya pengrajin Kayu Jati terbaik. Produk yang dihasilkan di Jepara banyak ragamnya seperti perabotan, aksesoris, casing untuk gadget, sampai furniture ukuran besar ada.

Dari fakta diatas mugkimu sudah lumrah dan sering Anda dengar. Tapi ternyata ada beberapa Fakta Unik Kayu Jati Yang Harus Kamu Tahu. Mari simak beberapa fakta uniknya!

1. Tahukah Anda Bahwa Pohon Jati Dahulu Hanya Terdapat di Empat Negara Saja
Dahulu sebenarnya tidak banyak negara yang memiliki kayu Jati. Bahkan pada awalnya hanya empat negara saja yang diketahui memiliki kayu Jati, yaitu India, Myanmar, Laos, dan Thailand. Namun dengan semakin mudahnya transportasi antar negara membuat pohon Jati bisa ditemui dibeberapa negara termasuk Indonesia. Tapi untuk produk Jati bisa Anda temui dihampir seluruh dunia.

2. Tahukah Anda Dahulu Hampir Semua Kapal Sempat Mejadikan Kayu Jati Sebagai Bahan Dasarnya
Karena kekuatan dan ketahanan kayu Jati terhadap air. Dahulu banyak produsen pembuat kapal memilih untuk menggunakan kayu Jati sebagai bahan dasarnya. Umur kapal akan lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan bahan dasar kayu lain. Namun seiring perkembangan industri banyak produsen kapal mulai beralih menggunakan bahan dasar besi karena nilai yang lebih ekonomis ketimbang menggunakan kayu Jati.


3. Tahukah Anda Trofi Piala Presiden dibuat Menggunakan Kayu Jati
Dalam kompetisi kali ini ada hal unik yang menjadikannya berbeda dari yang lain. Jika pada umumnya Trofi menggunakan bahan dasar logam seperti emas, perunggu, dan perak, pada kompetisi ini Trofi yang diserahkan presiden berbahan dasar kayu Jati yang berasal dari Bojonegoro yang faktanya kayu tersebut berumur 80 tahun. Pemahat dari Trofi tersebut ialah Ida Bagus Ketut Lasem yang berasal dari Desa Kemenuh, Gianyar, Bali.

4. Tahukan Anda Pohon Jati yang Ada Di Indonesia Berasal dari India
Indonesia adalah salah satu negara yang mengekspor kayu Jati terbesar didunia. Kualitas kayu Jati yang berasal dari Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Pada abad ke-15 saat kerajaan Hindu berkembang di wilayah Nusantara, bibit Jati masuk dibawa oleh orang Hindu dari India. Fakta ini sempat menjadi kontrovesi dan terus diteliti lebih lanjut, kemudian kontroversi ini terjawab dengan penelitian marker genetik menggunakan teknik isoenzyme/pengujian variasi isozyme yang dilakukan oleh Kertadikara pada tahun 1994. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa jati yang tumbuh di Jawa merupakan jenis asli.

5. Tahukah Anda Kayu Jati Mengandung Minyak Alami
Salah satu yang membuat kayu ini menjadi andalan mebel adalah karena kayu ini memiliki minyak alami yang membuatnya tahan terhadap air dan rayap. Hal tersebut mejadi penentu produk kayu Jati tetap  kokoh dan indah meskipun untuk jangka waktu yang lama. Minyak alami yang terkandung dalam kayu ini juga membuatnya sedikit mengkilap meskipun tanpa divernis atau lapisan pengkilap. Hal tersebut menjadikanya unik dibandingkan kayu lainnya.

6. Tahukan Anda Tinggi Pohon Jati Bisa Tumbuh Mencapai tinggi Gedung 15 Lantai
Bukan hal yang aneh lagi jika pohon bisa tumbuh tinggi. Tapi bagaimana jika tinggi pohon bisa mencapai 45-50 meter dengan batang yang lurus. Tentu sangat menakjubkan karena tinggi tersebuh jika dibandingkan bisa setara dengan gedung berlantai 15.



7. Tahukah Anda Pohon Jati Muda Adalah yang Berdaun Banyak
Pohon jati yang dianggap baik adalah pohon yang bergaris lingkar besar, berbatang lurus, dan sedikit cabangnya. Kayu jati terbaik biasanya berasal dari pohon yang berumur lebih daripada 80 tahun. Tapi ada cara umum yang sering digunakan sebagai patokan umur yang baik untuk ditebang selain dengan mengukur diameternya, yaitu dengan melihat daunnya. Jadi semakin banyak daunnya berati semakin muda umur pohon jati tersebut.


8. Tahukah Anda Warna Kayu Jati Tidak Hanya Coklat
Pada umumnya kayu yang sering kita temui memang berwarna cokelat, tapi kayu jati punya ciri khas sendiri yang mebuatnya lebih unik dibandingkan dengan kayu yang lain. Terkadang kulit kayu dari pohon jati bisa berwarna keabu-abuan dan cocok sekali untuk dijadikan pelapis dinding. Banyak pula kulit kayu yang berwarna campuran,yakni cokelat keabu-abuan.

9. Tahukah Anda Harga Kayu Jati Setiap Tahun Mengalami Kenaikan Sampai 10 persen
Selain membeli logam mulia, peluang investasi menanam pohon jati juga adalah prospek yang menjanjikan. Untuk 1 hektar lahan dapat cukup untuk ditanami 1.000 pohon jati. Bibit pohon jati dibanderol Rp 2.500 sampai Rp 4.000 dengan biaya pemeliharaan sekitar Rp 96.000 per pohon untuk 10 tahun. Setelah berumur 10 tahun pohon jati sudah bisa ditebang. Kayu Jati tersebut biasa dijual dengan satuan meter kubik. Untuk satu meter kubik bisa didapat dari 3 batang pohon, maka 1 hektar lahan bisa menghasilkan 330 meter kubik kayu jati. Satu meter kubik itu kita asumsikan harganya Rp 10 juta saja, jadi Rp 3,3 miliar. Cukup menjajikan bukan untuk sebuah keputusan investasi jangka panjang.

10. Tahukah Anda Herbal Jati Bisa Menyembuhkan Penyakit Kolera
Penelitian menemukan bahwa Herbal Jati bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kolera karena Herbal jati terdapat senyawa yang mampu mengurai absorbs dengan mengendapkan mukosa senyawa protein dipermukaan organ usus dan membeli pelicin dalam usus. Dengan dosis dan penggunaan yang tepat herbal jati bisa menjadi pilihan yang tepat.


Itulah beberapa Keunikan Kayu Jati kami rangkum menjadi bacaan yang mudah-mudahan informasi yang tersaji memberi manfaat bagi Anda. Trima Kasih.

0 Comments


EmoticonEmoticon